Jumat, 12 Mei 2017

Khasiat Kandungan Ganyong Untuk Stamina

ganyong merah
================>>

Tahukah Anda bahwa tanaman ganyong memiliki beribu manfaat untuk kehidupan manusia. Salah satu manfaat ganyong adalah sebagai obat tradisional berbagai penyakit yang ada pada manusia. Penanaman nya pun sangat mudah dan bisa tumbuh dengan liar di kebuh yang memiliki tanah yang lembab juga sejuk. Selain sebagai obat tanaman ini juga mampu mempercantik taman karena daun nya yang bagus dan bunga yang sangat indah. Sekedar pengetahuan, tanaman ini termasuk tumbuhan berbatang basah yang memiliki sifat bergerombol dan menahun. Warna nya sedikit kemerahan, tak heran jika nama dari umbi ini adalah ganyong merah

Ganyong memiliki identifikasi ilmiah Canna edulis Kerr, adalah tanaman yang umumnya banyak dikenal didaerah pedesaan , tanaman ini banyak mengandung khasiat serta manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan dan stamina daya tahan tubuh bahkan menurut ilmu kedokteran dan peneliti kesehatan menyatakan kalau ganyong memiliki fungsi dan manfaat yang sama dengan Obat Forex dalam memperkasa stamina tubuh hingga ke organ vitalitas secara alamai tanpa adanya efek samping yang membahayakan. Sebenarnya, tanaman ganyong ini awalnya berasal dari daerah Amerika Selatan, namun sudah lama akrab diantara masyarakat kita khsusunya para petani. Ganyong banyak memiliki persamaan nama lain dibeberapa daerah di Indonesia, yaitu buah tasbih, ubi pikul, ganyal, ganyol, sinetra dll. Istilah dimancanegara untuk menyebut ganyong adalah dengan sebutan Queensland Arrowroot. Ganyong merupakan jenis tanaman umbi-umbian, atau yang banyak dimanfaatkan rimpangnya untuk dikonsumsi. Advertisement Ganyong termasuk dalam tanaman dwi tahunan (2 musim), atau sampai beberapa tahun, cuma tanaman ganyong ini ada masa istirahat dari satu tahun ke tahun berikutnya. Dalam masa istirahat, seluruh batang tanaman ganyong akan mengering, dan seolah sudah mati. Padahal umbinya masih segar, dan akan tumbuh lagi jika da musim penghujan.

Meskipun tumbuhnya cukup mudah di kebun yang bertanah sejuk dan lembab samai sekarang masih belum banyak orang yang membudidayakan tanaman ini. padahal manfaat yang diberikan ganyong merah ini sangat banyak dan bisa mengobati segala penyakit yang ada pada tubuh manusia. Jadi tidak heran jika orang kota sangat jarang menemui tanaman ini dan bisa mendapatkan nya jika mau pergi ke desa. Bagi orang desa yang bersedia membudidayakannya, tanaman ini sebagai sumber alternatif jika musim paceklik tiba. Alasan nya adalah ketika bahan pokok mengalami kenaikan harga maka umbi ini akan menjadi pilihan orang desa untuk dikonsumsi sampai masa paceklik selesai

manfaat dan khasiat ganyong merah untuk kesehatan…

================================================

Baik untuk Pertumbuhan Tulang

Ganyong merah adalah salah satu tanaman tradisional yang mengandung kalsium yang sangat tinggi sekitar 21,00 gram per 100 gram nya. Makanan ini memiliki daging bertekstur pati yang sangat mudah untuk dicerna oleh system pencernaan, sehingga baik untuk kesehatan usus dan pencernaan.

Bisa Mengatasi Gizi Buruk

Kandungan nutrisi pada umbi ganyong bisa membantu mengatasi masalah gizi buruk pada balita. Jadi agar balita tidak sampai mengalami gizi buruk Anda bisa memberikan nya ganyong merah dengan disajikan sebagai bubur atau dicampurkan ke makanan pokok bayi.

Umbi ganyong dapat dikonsumsi hanya dengan jalan direbus hingga matang. Biasanya umbi tanaman ini dimakan sebagai camilan, atau menggantikan makanan pokok karena cukup mengandung karbohidrat dan mengenyangkan. Manfaat lain dari umbi ganyong adalah untukdiambil tepung patinya, dan dapat dimanfaatkan dalam pembuatan kue, bihun, bahkan produk makanan bayi. Berikut manfaat tepung/pati ganyong: Campuran Bihun – Bihun adalah istilah yang berasal dari bahasa cina, yang bisa berarti beras. Jadi sesuai dengan namanya, bahan baku bihun adalah beras. Namun beras untuk pembuatan bihun harus tinggi kandungan amilosanya dan rendah kandungan amilopektinnya, sehingga menghasilkan gel yang kaku pada bihun. Perkembangan ilmu pengetahuan hingga sekarang ini, bihun tidak hanya dibuat dari beras saja, namun juga dapat dibuat dari campuran tepung jagung dan tepung tapioka. Tepung tapioka di sini juga dapat digantikan oleh tepung ganyong.

Konon tanaman ganyong berasal dari amerika selatan sekitar 2500 tahun sebelum masehi dan masyarakat telah menggunakan ganyong sebagai bahan konsumsi sebelum mereka mengenal padi maupun singkong.

Di Indonesia ganyong tumbuh dengan baik sekitar tahun 1905 dengan sentra produksi terdapat di jawa tengah, jawa timur dan bali. Tanaman ganyong cukup tangguh karena tahan terhadap suhu dan medan, meskipun ia di tanam di bawang naungan namun batang dari tanaman ganyong cukup rapuh dan tidak tahan terhadap terjangan angin yang kuat.

Tanaman ganyong yang belum dewasa umbinya akan tetap berwarna keunguan, bila umbi sudah cukup dewasa akan mongering dan seolah olah mati saat musim kemarau, namun sebenarnya tidak, karena bila musim penghujan dating rampang dari tanaman ganyong akan membentuk tunas lagi.

Sangat banyak bukan manfaat yang diberikan oleh ganyong merah ini? Setelah mengetahui berbagai manfaat yang diberikan apakah Anda tidak bermaksud untuk membudidayakan nya di rumah? Jika rumah Anda kebetulan berada di pegunungan maka membudidayakan nya adalah ide yang sangat tepat dan bisa juga Anda jadikan sebagai bisnis baru

Di Indonesia terkenal dengan beberapa varian ganyong berwarna keunguan dan ganyong berwarna putih, ganyong berwarna keuanguan biasanya dimakan segar dengan cara direbus dan ganyong putih biasanya di buat sebegai tepung ganyong.

Pada masa modern ini keutamaan ganyong biasa diambil patinya maka Anda mungkin pernah mendengar tentang pati ganyong. Umbi ganyong yang masih muda biasanya di rebus secara langsung, disayur dan bahkan di bakarpun rasanya sangat enak.

Umbi ganyong sangat baik untuk sumber karbohidrat, kandungan dalam 100 gram ganyomg :

Kalori 95 kkal

Protein 1 gram

Lemak 0.1 gram

Karbohidrat 22.6 gram

Kalsium 21 mg

Fosfor 70 mg

Besi 20 mg

Vitamin B1 100 mg

Vitamin C 10 mg

Air 75 gram

Peringatan! Umbi ganyong ternyata memiliki senyawa antinutrisi, yaitu tanin dan saponin. Tanin akan membentuk kompleks dengan protein dalam sistem pencernaan, berinteraksi dengan enzim pencernaan. Tanin juga dapat menurunkan daya cerna protein, menghambat aktivitas beberapa enzim pencernaan seperti tripsin, kimotripsin, amilase dan lipase. Sedangkan saponin merupakan toxin yang bisa menghancurkan butir darah atau hemolisis. Saponin juga meiliki kemampuan mengikat dengan kolesterol. Namun kedua senyawa tanin dan saponin ini akan hilang setelah ganyong melalui proses pengolahan, yaitu perebusan, perendaman, dan pemanasan.

Ganyong memiliki komponen kimia berupa serat pangan dengan kadar yang cukup tinggi sehingga sangat baik dicerna oleh usus bayi atau orang yang sakit. Cara membuat tepung ganyong dengan kualitas baik adalah menggunakan cara basah, yaitu dengan cara mengendapkan pati ganyong yang telah dikeringkan sebelumnya menggunakan oven atau sinar matahari. Dengan mengolahnya menjadi bentuk tepung, maka dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk berbagai produk olahan pangan, salah satunya adalah bubur instan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Macam Mcam Produk

BANK PEMBAYARAN TRANSFER

JASA PENGIRIMAN PAKET

BARANG AMAN BEEGARANSI